JENIS-JENIS UMBI DAN MANFAATNYA SERTA PERSEBARANNYA DI INDONESIA


 
Umbi adalah organ tumbuhan yang mengalami perubahan ukuran dan bentuk (pembengkakan) sebagai akibat perubahan fungsinya. Organ yang membentuk umbi terutama batang, akar, atau modifikasinya. Hanya sedikit kelompok tumbuhan yang membentuk umbi dengan melibatkan daunnya. Umbi biasanya terbentuk tepat di bawah permukaan tanah, meskipun dapat pula terbentuk jauh di dalam maupun di atas permukaan.

Jenis-Jenis Umbi-Umbian dan Manfaatnya
1. Ubi Jalar

Hasil gambar untuk gambar ubi jalar


Terdapat tiga jenis ubi jalar yang populer dibudidayakan di Indonesia yaitu ubi jalar berwarna putih kecoklatan, merah dan ungu. Ketiga jenis ubi jalar tersebut memiliki varietas unggul dengan produktivitas tinggi. Beberapa varietas ubi jalar yang populer antara lain cilembu, ibaraki, lampeneng, georgia, borobudur, prambanan, mendut, dan kalasan. Bagian yang dimanfaatkan dari ubi jalar adalah akarnya yang membentuk umbi. Ubi jalar hampir tersebar di seluruh wilayah Indonesia, terutama wilayah Pulau Jawa.

Ubi jalar memiliki kandungan gizi karbohidrat kompleks yang tinggi, mengandung vitamin C tinggi berguna untuk merawat elastisitas kulit, serta vitamin A dan beta carotene dari warna ungu, oranye dan merah ubi untuk melindungi paru dan mencegah kanker paru dan kanker mulut. Ubi jalar  cocok bagi penderita diabetes karena memiliki rasa manis yang bebas lemak (indeks glikemiknya rendah). Selain itu, juga mengandung vitamin B6 yang dapat mencegah serangan jantung dan kalium yang berfungsi menstabilkan tekanan darah dan dapat mengurangi stres. Serat tinggi dan kandungan zat besi, folat, tembaga, dan mangan pun ada pada ubi jalar


 

 


2. Singkong/Ubi Kayu (ketela pohon)

Hasil gambar untuk gambar singkong


Singkong/ubi kayu merupakan tanaman perdu dengan akar tunggang dan sejumlah akar cabang yang membesar menjadi umbi akar. Singkong yang dimakan bagian dalam umbinya yang berwarna putih atau kekuning-kuningan.
Daerah penanaman ubi kayu (singkong) utama ialah Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Lampung, dan Nusa Tenggara Timur.

Manfaat umbi singkong antara lain untuk:

·         Melancarkan pencernaan karena singkong banyak mengandung serat yang tidak larut dalam air.

·         Obat luka bernanah dan terbakar.

·         Obat panas dalam

·         Diet rendah kalori karena singkong merupakan bahan makanan dengan kandungan karbohidrat yang lebih rendah dari nasi dan roti

·         Pengganti makanan pokok karena mengandung banyak karbohidrat, namun miskin protein. 


3. Talas


Gambar terkait

Biasanya masyarakat kita mengonsumsi talas hanya untuk camilan. Namun dibeberapa daerah di Indonesia seperti kabupaten Sorong, Papua, umbi talas ini dijadikan sebagai makanan pokok, karena umbi talas sebagai sumber karbohidrat pengganti beras.

Talas merupakan tumbuhan yang 90% bagiannya dapat dimanfaatkan. Bagian tanaman talas yang dapat dimakan yaitu umbi, tunas muda dan tangkai daun. Sedangkan pelepah dan daun talas dapat dimanfaatkan sebagai bahan pangan, obat, maupun pembungkus makanan. Bagian yang tidak dapat dimakan hanyalah akarakar serabutnya.

Adanya berbagai macam kandungan gizi pada talas, membuatnya memiliki manfaat tertentu bagi kesehatan manusia, antara lain:

·         Kandungan serat cukup baik untuk memperlancar kerja pencernaan.

·         Mengonsumsi talas rebus tanpa tambahan apapun menjaga kolestrol darah tetap rendah, mencegah resiko gangguan jantung dan tekanan darah tinggi.

·         Secangkir talas mengandung vitamin C yang cukup baik untuk memperkuat pertahanan tubuh, vitamin B6 membantu menjaga imunitas tubuh, dan vitamin E menurunkan resiko terkena serangan jantung.

·         Kandungan betakaroten pada talas bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata, kulit, dan meningkatkan fertilitas.

·         Kebutuhan beragam mineral dapat terpenuhi dengan satu cangkir talas, karena mengandung magnesium, fosfat dan tembaga yang dibutuhkan manusia setiap hari.


4. Kentang

Hasil gambar untuk gambar kentang


Kentang adalah salah satu tanaman tahunan yang paling banyak ditanam diseluruh dunia. Ia merupakan tanaman semusim cocok ditanam di dataran tinggi yang dimanfaatkan untuk dimakan umbi batangnya. Penduduk Eropa dan Amerika Serikat memanfaatkan kentang sebagai makanan pokok, namun sekarang banyak orang yang memanfaatkan kentang sebagai makanan alternatif untuk program diet.

kentang merupakan sumber karbohidrat dengan kandungan tepung dan gula yang tinggi, vitamin dan serat. Kentang memiliki kandungan gizi yang lebih tinggi dibandingkan nasi, karena memiliki kandungan protein dan mineral yang lebih lengkap. Kentang menjamin sistem ketahanan badan, karena kandungan vitamin serta kalsium yang tinggi.

Manfaat kentang, antara lain:

·         Kesehatan sistem pencernaan karena mengandung serat yang cukup tinggi.

·         Melawan penyakit, seperti penyakit jantung, gangguan saraf, tumor dan dapat membantu mengurangi risiko kanker prostat dan kanker rahim. Kentang segar dengan kulitnya kaya antioksidan dari vitamin C.

·         Baik untuk kesehatan kulit wajah

·         Mengurangi kadar kolestrol, karena kalorinya rendah.

·         Baik untuk perkembangan otak karena adanya zat besi dan tembaga. Dapat menghilangkan stress pikiran karena kandungan vitamin B6.

 

5.   Gadung (Dioscorea hispida Dennst.)

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhZGcXVklS0Pm_yb708VCAzV6p-0ncabxistQ_YKPhCAJnn_YrhhY4NZ9PaIf0xnKrzhEAysQA6pZnIy64shICc47cppkcNRjqAmjtrvMYh68XsXFUFeYH_Jd1PfQiUMlf5Dm8NlqOwrE0/s320/news_26169_1417660218.jpg

 

Jenis ini dicirikan dari daunnya yang terdiri dari 3 helai daun dan batangnya yang berbulu dan berduri tersebar sepanjang batang dan tangkai daun. Umbinya berwarna coklat muda, diliputi rambut-rambut akar yang besar dan kaku. 

Umbi gadung tidak dapat dikonsumi secara langsung karena beracun sehingga harus diberi perlakuan tertentu sebelum diolah. Produk hasil olahan biasanya berupa kripik gadung. Dari pengamatan di pasar tradisional di beberapa daerah diketahui produk kripik gadung baik mentah maupun matang telah jarang dijumpai, tampaknya telah didominasi oleh kripik kentang.

 

Gadung memiliki manfaat sebagai berikut:

 

·         Sebagai bahan makanan pokok

·         Sebagai tambahan energi dan kalori

·         Sebagai camilan (olahan keripik)

·         Sebagai pestisida dan insektisida

·         Dapat menyembuhkan Reumatik

·         Dapat menyembuhkan kejang pada perut

·         Menyembuhkan luka bernanah

·         Menurunkan kadar kolestrol

 

 

 

5.   Uwi (Dioscorea spp.)

 

 

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiFCfZAdXBOXwzuSEMgCIumWn37AOzjBBWwLmM88BRWAa_UAJZx_gNGfituE70NCWnwn_l683iLZ4TxYNaqfs14t2N1JI_rUboBALdLXwk2ON4jzMzLE0hYPPiN2C-yj8fM2XCftE-mt-Y/s320/uwiii.jpeg

 

Umbi uwi tersebar di berbagai wilayah di Indonesia, antara lain, Ada Wonosari (Yogyakarta), Malang (Jawa Timur), Kutowinangun (Jawa Tengah), Garut (Jawa Barat). Di daerah-daerah tersebut, ada berbagai macam umbi uwi dan penamaan yang berbeda. Umbi uwi ini biasanya dipanen sekitar umur 6 sampai 8 bulan.

Pemanfaatan uwi sebagai sumber bahan pangan biasanya hanya sebatas dikonsumsi sebagai pengganti nasi. Sedangkan di kecamatan Leles, Kabupaten Garut, uwi biasanya digunakan untuk acara sawaka (7 bulanan masa kehamilan).

Uwi memiliki fosfor dengan kandungan tinggi yang digunakan oleh tubuh untuk proses metabolisme. Tidak ketinggalan dengan gadung, umbi ini ternyata mengandung vitamin C cukup tinggi, bagus untuk meningkatkan kekebalan tubuh serta menghindari serangan flu di musim pancaroba.

 

 

 

 

 

 

 

 

6.    Gembili (Dioscorea esculenta (Lour.) Burkill)

 

 

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgvXsc3V7ZmFt1n29u18Os3cZIERApp5YbetS4NE6paj8HwvBKfjqTSVKrmYu4kgyA0-C-coFH74o5rJUseOIykwWVYuPCW2pcA8cQXMx_NdqWjJyNUodAjli66yZslz1EVAGulD9NO0iE/s320/gembili+chinese.jpg

 

 

 

Gembili merupakan salah satu umbi yang jarang ditemukan tumbuh liar. Umumnya ditanam secara terbatas di pekarangan rumah. Umbinya berwarna putih sampai putih kekuningan dan pemanfaataannya sebatas dikonsumsi dengan cara dikukus sebagai pengganti makanan pokok. Umbi gembili banyak dijual di pasar-pasar tradisional di Jawa Tengah  antara lain  Kebumen, Kutowinangun, Wonosari dan Jawa Timur yaitu di Malang.

 

 

7.   Kentang hitam

 

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjoatsW9nmje-dlbG3qM2m4QNDvN7dJt54daKDcEgjnRFylZBiJUFdHtIifp3ekpWXyMQub3acZmdSdNyyf5n1ubXbZF3ueQY2NtKY4v60esfBnVm62zhg2S_JgEOScO99ITd2MKMjoHFQ/s320/kentanghitam.jpg

 

Kentang hitam/ireng seringkali disebut juga sebagai kentang kleci (karena bentuk umbinya kecil, bulat seperti bentuk kleci atau kelereng).  Umbi kentang ireng biasanya  dikonsumsi sebagai sumber karbohidrat dengan cara dikukus atau untuk campuran sayur dan sambal goreng.

Kentang mengandung vitamin C dan mineral yang cukup tinggi. Kandungan karbohidrat kentang sekitar 18%, protein 2,4% dan lemak 0,1%.

Kentang merupakan satu-satunya jenis umbi yang kaya vitamin C. Umbi-umbian lainnya sangat miskin vitamin C. Kadar vitamin lain yang cukup menonjol adalah niasin dan tiamin (vitamin B1).

Kentang juga mengandung berbagai mineral seperti kalsium, fosfor, besi, dan kalium. Sementara kandungan natriumnya sangat rendah. Rasio kalium terhadap natrium yang tinggi pada kentang sangat menguntungkan bagi kesehatan, khususnya dalam mencegah penyakit tekanan darah tinggi (hipertensi).

 

 

 

 

 

sumber : http://www.mikirbae.com/2015/06/jenis-umbi-dan-manfaatnya.html

http://blognyaandrikiswantoro.blogspot.co.id/2016/01/jenis-jenis-tanaman-umbi.html

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ARTIKEL NARKOBA MENGGUNAKAN BAHASA JAWA (PANGERTOSAN, JINIS, BEBAYA,)

KEUTAMAAN SURAT AN-NAZI'AT